Sabtu, 24 Oktober 2015

7 (tujuh) Fakta Mencengangkan Bencana Kabut Asap

 Berikut saya uraikan 7 fakta menarik berkaitan dengan bencana asap ya
ng menimpa tahun 2015 ini
  1. Kabut asap tahun ini merupakan bencana kabut asap Terparah sepanjang sejarah, menurut catatan NASA kabut asap yang melanda Indonesia tahun 2015 ini merupakan bencana kabut asap terparah sepanjang sejarah peradaban, kabut asap menyebar dan menyelimuti Sumatera, Kalimantan, sebagian Sulawesi, menyebar kenegara tetangga Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand.
    diperkirakan area terpapar kabut asap.
    diperkirakan areal yang tertutup kabut asap seluas4.727.000 km2  sama dengan  572.000.000 kali lapangan sepak bola.
     
    Citra satelit NASA, Pulau Sumateradan kalimantan ditutupi asap pekat.




  2. Kerugian negara    akibat kabut asap 20 Triliun untuk satu propinsi saja, Berdasarkan data word bank tahun lalu Propinsi Riau mengalami kerugian 20 T untuk bencana kebakaran hutan dan kabut asap, dan tahun sekarang bencana tersebut menimpa lebih dari enam Propinsi, ayo bayangkan berapa kerugiannya...!, dan ternyata biaya untuk penanggulangan bencananya pun tidak sedikit jumlahnya, BNPB sudah menyedot 500 mililar ungkap kepala BNPB Willem Rampangilei. Sumber : cnnindonesia.com 
  3.  Terdapat 78 Ribu korban kabut asap di Propinsi Riau menderita ISPA, itu hanya di Propinsi Riau saja, belum Propinsi lainnya. 10 Orang dinyatakan meninggal dunia akibat dampak langsung maupun tidak langsung dari Kabut asap (sumber : jpnn.com) termasuk bocah 9 tahun asal Pekanbaru Ramadhan Lutfi.
  4. Nilai ambang batas polutan jauh diatas normal, Dipalangkaraya saja, Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, tingkat pencemaran udara mencapai 3.400 U gram/m3. Angka tersebut merupakan tertinggi selama kabut asap menyelimuti Ibu Kota Kalteng itu atau 22 kali lipat di ambang batas NAB PM10 = 150 ugram/m3.
      

    Jarak pandang di beberapa kota bahkan ada yang sampai 20 meter saja.
  5. Sekolah diliburkan lebih dari 1 bulan, Libur sekolah di Riau dan Palangkaraya sudah memasuki dua bulan, hal ini sangat berpengaruh terhadap proses PBM dan berpotensi menyebabkan tertundanya ujian nasional (UN) tahun 2016 mendatang di daerah - daerah yang tertimpa bencana asap.
  6. 10 Penerbangan di batalkan setiap harinya, Otoritas Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, menyatakan 10 jadwal penerbangan dibatalkan setiap harinya akibat terpaan kabut asap, begitu juga bandara-bandara lainnya seperti  bandara Kualanamu medan, Hang Nadim batam dan bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.
  7.  Suku anak dalam pun tidak tahan lagi tinggal di Rimba, ada kejadian menarik di pos lalu lintas pertigaan Sudirman - T. Tambusai Pekanbaru beberapa hari yang lalu, polisi lalu lintas menghentikan 3 buah sepeda motor yang berisi 5 – 7 orang setiap motornya. Setelah diusut ternyata mereka itu adalah para suku anak dalam Jambi yang tidak kerasan lagi tinggal di rimba, dan akhirnya mereka mengungsi, menariknya mereka mengungsi rencana semula kearah kota Jambi,tetapi ternyata mereka malah tersesat ke Pekanbaru yang berjarak 250 km dari kota Jambi.
itulah 7 fakta mencengangkan tentang bencana kabut asap yang melanda negeri kita, semoga hujan segera turun karena itulah satu-satunya cara menghilangkan bencana kabut asap dari negeri kita tercinta ini.
gusmetdonal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan pesan disini,..!