Sabtu, 14 Maret 2015

Cara mendaftar SMA Negeri 4 Pekanbaru

Tahun pelajaran 2014/2015 sebentar lagi akan berakhir. sudah mulai tampak kesibukan para calon lulusan SMP untuk mencarikan sekolah SMA terbaik untuk putra - putrinya. dalam beberapa minggu terakhir ini, sudah ada sekitar 10 orang tua yang datang kesekolah, dan bertanya kepada saya,. bagaimana cara mendaftar di SMA Negeri 4 Pekanbaru.
menjawab pertanyaan para orang tua tersebut, berdasarkan pengalaman saya sebagai operator dalam pelaksanaan PPDB tahun lalu, bahwa PPDB kota Pekanbaru menggunakan sistem online yang di kelola langsung oleh dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. maka berikut ini hal penting yang harus diketahui seorang siswa dalam mendaftar di sekolah Negeri di Kota Pekanbaru :
  1. Sekolah yang melaksanakan PPDB Online adalah sekolah negeri dilingkungan dinas Pendidikan kota Pekanbaru yang meliputi SMP Negeri, SMA Negeri, SMK Negeri.
  2. Untuk SMA Negeri terdiri dari SMA Negeri 1 Pekanbaru, SMA Negeri 2 Pekanbaru, SMA Negeri 3 Pekanbaru, SMA Negeri 4 Pekanbaru, SMA Negeri 5 Pekanbaru, SMA Negeri 6 Pekanbaru, SMA Negeri 7 Pekanbaru, SMA Negeri 8 Pekanbaru, SMA Negeri 9 Pekanbaru, SMA Negeri 10 Pekanbaru, SMA Negeri 11 Pekanbaru, SMA Negeri 12 Pekanbaru, SMA Negeri 13 Pekanbaru, SMA Negeri 14 Pekanbaru, dan SMA Negeri 15 Pekanbaru. 
  3. Pengumuman kapan PPDB akan dilaksanakan  melalui media massa maupun diinformasikan langsung melalui kepala sekolah untuk diteruskan  kepada peserta didiknya disekolah masing masing. berkaca pada tahun lalu  PPDB 2014 dilaksanakan mulai tanggal 24 s.d 27 Juni 2014, sedangkan PPDB 2015 dilaksanakan tanggal 29 Juni s.d 2 Juli 2015.
  4. Formulir pendaftaran disediakan secara gratis oleh Pemko Pekanbaru yang disalurkan langsung kesekolah - sekolah sesuai keperluan siswa, kalau siswa itu  mendaftar ke SMA, maka MAP di peroleh dari SMP -nya saat ini, dan kalau siswa mau mendaftar di SMP,maka  map  itu diperoleh dari SD sekolahnya saat ini.
  5. Sistem pendaftaran online jangan sampai disalah artikan, dan jangan salah persepsi , Sekolah pelaksana PPDB tidak menginputkan data maupun nilai pendaftar, Data dan  nilai se-propinsi Riau sudah ready didalam system dan tidak bisa dirobah.  jadi operator sekolah hanya bertugas memanggil data dan menceklis pilihan sekolah sesuai formulir yang sudah di isi oleh pendaftar.
  6. Kalau  SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) dari pusat belum terbit. dapat diganti dengan Surat keterangan lulus (SKL) siswa yang diterbitkan sekolah bersangkutan yang dilengkapi nilai.
  7. Bagi pendaftar dari luar daerah harus melengkapi dengan surat keterangan pindah rayon.
  8. Bagi siswa jalur tempatan harus melampirkan KK asli.
  9. Bagi siswa jalur prestasi harus melampirkan Sertifikat prestasi asli.
  10. Selanjutnya kami himbau kepada Bapak / Ibu Para orangtua, jangan sampai terpengaruh apabila ada pihak - pihak yang menjamin bisa meluluskan putra/putri Bapak / Ibu untuk  langsung diterima di SEKOLAH NEGERI tanpa seleksi melalui PPDB Online.
  11. Terakhirnya, jangan terburu - buru mendaftar, pantau terus perkembangan nilai pada website pengumuman resmi PPDB yang beralamat di : http://pekanbaru.ppdb.kemdikbud.go.id
Demikian sedikit informasi dari saya. semoga cukup membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan pesan disini,..!