Selasa, 01 April 2014

Cara mengubah Nilai Puluhan menjadi Satuan di Excel

Teman - teman yang lagi kerja lembur nyiapin Nilai Sekolah (NS) tentu di buat sedikit kerepotan karena nilai yang akan di entrikan sangat banyak, bayangkan saja nilai dari semester 3,4 dan 5 ditambah lagi nilai Ujian sekolah (US). kerepotan akan ditambah lagi apabila nilai yang sudah kita ketikkan pada lembar kerja ms. excel ternyata ketika kita  mau imporkan ke Aplikasi Nilai UN eh ternyata tidak cocok,  karena nilai yang diperlukan adalah nilai satuan, nah untuk itu teman - teman tidak perlu bingung apalagi kalau harus rela  merombak nilai  satu persatu untuk menggeser komanya, pasti akan memakan waktu yang lama karena bisa saja data siswa kita bisa mencapai ratusan bahkan ribuan orang,  saya mempunyai trik sehingga  nilai yang sudah terlanjur dalam bentuk puluhan bisa dijadikan nilai satuan.
triknya adalah membagi dengan bilangan 10 (sepuluh) semua data yang ada.
mungkin trik yang simpel ini teman2 juga sudah pada tahu, dan bisa memecahkan persoalannya dengan logika yang sangat mudah,  tetapi bagi yang belum tahu,begini langkah simpelnya :
Contoh nilai dalam bentuk puluhan seperti dibawah ini ( contohnya sedikit saja agar memudahkan untuk pemahaman, padahal  klu data aslinya mm.. sampai puluhan kolom).

Copy-kan semua judul kolom yang memuat nama mata pelajaran  kesebelah, sebenarnya tanpa mengcopy pun kita bisa mengerjakannya langsung, tapi takutnya ntar salah - salah dalam peletakan hasil paste-nya, sehinggal alangkah lebih baiknya judul kolomnya di copy-kan dulu,contoh dibawah ini,  nilai semester 3 dalam bentuk puluhan mau di jadikan bentuk satuan, untuk membedakannya nanti, maka warna judul kolomnya saya bedakan.
Setelah itu barulah ditulis rumus di cell yang paling atas, rumusnya adalah rumus pembagian biasa seperti berikut ini =E2/10 (E2 adalah alamat cell nilai Bahasa indonesia semester 3  yang akan dibagi dengan nilai 10). setelah dapat hasilnya, nilai puluhan semula : 86,50 menjadi nilai satuan : 8,65
untuk nilai yang lain tinggal copy saja, tinggal kita copy dengan cara tarik kebawah sebanyak jumlah baris data, setelah itu barulah ditarik kesamping.
tinggal selangkah lagi, setelah nilai dengan besaran satuan didapat, supaya datanya tidak berupa data rumus / formula lagi, maka semua data hasil rumus di blok, kemudian klik kanan -copy,  kemudian paste- kan di tempat semula, kliklah paste spesial 
ceklis lah pada pilihan paste tipe values, untuk mengambil nilainya saja tanpa mengcopy rumusnya.
hasil akhirnya adalah kita memiliki 2 buah jenis data nilai, puluhan dan satuan, kalau misalnya yang puluhannya masih kita pergunakan, tinggal kita simpan saja, tetapi apabila tidak diperlukan lagi, ya kita tinggal delete column.





33 komentar:

  1. makasih banar guru ai pian membari ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama2..., trimakasih juga atas commentnya...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iya sama - sama bu Nani.., makasih ya sudah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini..

      Hapus
  3. Iya, sama2 mbak.. . semoga bisa membantu,.. dan terima kasih juga atas commentnya,.. jadi semakin semakin nulis blog ne..

    BalasHapus
  4. Iya sama - sama mbak.. saya juga berterimakasih atas commentnya.., blog saya masih baru & inilah comment - comment pertama dari kawan2 semua..

    BalasHapus
  5. Sangat2 membantu, terima kasih., akhirnya ndak jadi ngerubah satu2.,. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama2.. saya senang sekali coretan saya ini ada juga manfaatnya bagi kawan2...

      Hapus
  6. Terima Kasih, sangat membantu Sekali......

    BalasHapus
  7. makasi infonya,, pas lagi begadang nech

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama2 pak.., saya juga sering begadang ngerjain tugas2 dinas dari sekolah., tidak siap dikerjakan di sekolah, yach terpaksa harus dibawa kerumah juga..

      Hapus
  8. Tapi klo 7,88/10 jadinya 7,9 krn pembulatan.
    solusinya gan

    BalasHapus
  9. SYUKRAN KATSIRAN, SUNGGUH SANGAT MEMBANTU JAZAKUMULLAH KHAIR

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah sudah bisa membantu teman2 semua..

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah...makasih banyak ilmunya.siiip

    BalasHapus
  12. Makasih ilmunya,sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, bersukur bisa membantu teman2 semua...

      Hapus
  13. WOOW...KEREN, MAKSIH SHARE ILMUNYA ! DITUNGGU POSTINGAN LAINNYA !

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas atas commenntnya.., Insya Allah mau aktifkan blog ini lagi,.

      Hapus
  14. @muzakki : ok ..sama 2, terimasih juga sudah berkunjung

    BalasHapus
  15. makash banget gannnnnn... sangat membantu buanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama - sama gan, bersyukur bisa membantu

      Hapus
  16. terimakasih panduannya bermanfaat..

    BalasHapus
  17. Makasih banyakk... berhasil... bener2 kewalahan krna ga tau ilmunya kemaren klo copy data yg berumus di sheet lain.. skali lg mkasih yah panduannya.. :)

    BalasHapus

Silakan tinggalkan pesan disini,..!