Rabu, 09 Oktober 2013

Rumus Kelulusan PLPG 2013

Selamat berjuang Kawan - kawan Peserta PLPG 2013, 10 Hari yang melelahkan akan terbayar rasanya jikalau pada hari Pengumuman nama kita tercantum sebagai salah seorang yang berhasil LULUS.  ya.. lulus murni tanpa ada embel - embel di kolom keterangan seperti mengulang  UTL, mengulang UTN.
awalnya saya juga bingung melihat pengumuman hasil PLPG kawan - kawan, dan sayapun menjadi rada sedikit keder melihat hasil pengumuman tersebut, bisa gak ya saya lulus  ?, dari pengumuman tersebut  ternyata banyak yang tidak lulus, dan point pokok teman- teman tersebut bisa tidak lulus adalah skor untuk Ujian Tulis Lokal (UTL) dan Ujian Tulis Nasional (UTN) tidak mencapai Standar, akibatnya mereka harus menempuh Ujian ulang. 
nah agar tidak ragu lagi bagaiman cara penilaian hasil PLPG berikut saya uraikan disini cara penghitungan untuk memperoleh nilai akhir PLPG.

Adapun Materi PLPG sendiri meliputi empat kompetensi guru yang harus dikuasai, diantaranya: (1) pedagogik, (2) profesional, (3) kepribadian, dan (4) sosial. Penyelenggaraan PLPG diakhiri dengan ujian yang mencakup ujian tulis dan ujian kinerja.

Ujian tulis PLPG bertujuan untuk mengungkap kompetensi profesional dan pedagogik, ujian kinerja untuk mengungkap kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Keempat kompetensi ini juga bisa dinilai selama proses pelatihan berlangsung. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial juga dinilai melalui penilaian teman sejawat. Sedangkan ujian kinerja dalam PLPG dilakukan dalam bentuk praktik pembelajaran bagi guru.

Untuk menentukan seorang peserta PLPG lulus atau tidak sehingga bisa mendapatkan sertifikat pendidik profesional dengan mengunakan rumus sebagai berikut, Ketentuan Kelulusan PLPG:

SAK = (25 SUT + 30 SUP + 25 HW + 10 SP + 10 SS) / 10

Keterangan
SAK : Skor Akhir Kelulusan PLPG
SUT : Skor Ujian Tulis (skor maksimal 100)
SUP : Skor Ujian Praktek (skor maksimal 100)
HW : Skor Hasil Workshop (skor maksimal 100)
SP : Skor Partisipasi selama PLPG (skor maksimal 100)
SS : Skor Teman Sejawat (skor maksimal 100)

Peserta PLPG akan dinyatakan lulus apabila:
SAK ≥ 65,00 dengan SUT ≥ 60,00 dan SUP ≥ 65,00


Skor hasil workshop (HW) merupakan rerata dari skor hasil penilaian proses workshop dan skor hasil penilaian produk workshop. Proses workshop dinilai dalam hal: (a) tanggung jawab, (b) kemandirian, (c) kejujuran kerja, dll. Sedangkan produk workshop berupa rancangan proposal PTK, perangkat pembelajaran (antara lain: silabus dan RPP) bagi guru kelas dan guru mata pelajaran.


jadi kesimpulannya skor untuk kelulusan PLPG minimum adalah 65.
ok sobb.!, selamat berjuang dan jaga kesehatan selama PLPG.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan pesan disini,..!